Report Pertemuan Komunitas Jazz Kemayoran yang ke-111
Sep 12

Report Pertemuan Komunitas Jazz Kemayoran yang ke-111

image Wisma Proklamasi, Jl.Proklamasi no.41 Jakarta Pusat, Freedom Institute
26 Juli 2013

Tidak terasa sudah 2 kali acara buka puasa bersama Komunitas Jazz Kemayoran diadakan di Wisma Proklamasi Freedom Institute ini, berarti sudah hampir 2 tahun KJK Melaksanakan kegiatan bulanannya di tempat yang sangat ideal ini, disebuah taman yang asri dan dikelilingi oleh Caffe, Warung Proklamasi, Perpustakaan Freedom, serta Aula tempat biasanya diadakan acara nonton film Jazz Bareng.

Dan kali ini adalah pertemuan KJK yang ke 111, seperti biasanya acara di Mulai Pada Pukul 14.00 didahului dengan pemutaran Film, dan film yang akan diputar adalah Pertunjukkan dari Antonio Carlos Jobim, Komposer genius asal Brasil yang namanya di abadikan menjadi nama lapangan terbang di Rio de Jeneiro, tidak banyak nama Musisi dipakai namanya untuk nama sebuah lapangan Terbang.

Dan usai pemutaran Film, dilanjutkan dengan sebuah diskusi mengenai Musik Latin, dan dalam pembahasan dikupas ternyata Latin itu terdiri dari 3 Jenis, yaitu, Brasilian, Latin dan Afocuban.

Latin : Rhumba, Cha Cha, Marengue , Salsa , Mambo , Calypso , Flamenco,

Brasil punya Samba ; Choro ; Forro ; Pagode ; Musica Sertaneja ; MPB ; Samba Cancao ; Axe ; Modinha ; Bossanova dan mash banyak ladi lainnya

Afro Cuban : perpaduan Salsa+ Cha Cha+Rhumba+Mambo.

Serta Bossanova yang merupakan bagian dari Brasilian adalah awalnya,,keisengannya Jobim memadukan Classic + Jazz + Samba,,:). = Bossa Nova = New Wave

Cukup seru, Diskusi dihadiri kurang lebih 10-15 orang, sudah merupakan hal yang luar biasa mengingat Jumat siang adalah merupakan waktu kerja, kuliah dsb.

Usai acara diskusi dilanjutkan dengan acara selanjutnya adalah Performance dari beberapa Band. Dan untuk acara ke-111 kali ini Rundownnya adalah sebagai berikut:

14.00-15.15 Putar Film Antonio Carlos Jobim
15.30-16.30 Diskusi Jazz Brasilian, Latin, Afrocuban
16.30-16.50 Triot
17.00-17.20 IDE feat. Jimmy Blues
17.30-17.50 PCM
17.55-18.30 Buka Bersama
18.30-18.50 MEP
19.00-19.20 AYA
19.30-19.50 Aboda
20.00-21.00 Jam Session

Dan kalau di lihat pada Rundown ada acara buka bersama, ini adalah kali kedua kjk melaksanakan acara buka bersama, sangat Hikmat dengan Tajil sederhana, namun sangat terasa suasana silaturrahmi yang begitu khusyu, sesuai dengan Misi KJK yang pertama yaitu Silaturrahmi, Brotherhood. Jadi awalnya memang tidak muluk2, Lewat Jazz kita BERSILATURRAHMI. Dan Rundown kali ini agak dirubah, jumlah Band yang tampil dikurangi, karena suasana Bulan Puasa, dan waktu mulainya pun di mundurkan menjadi jam 14.00 yang biasanya Jam 13.00.

Dan selalu menariknya di kjk selalu ada kejutan selalu ada penampil baru, penampil2 yang pertama main di KJK, untuk kali ini penampil barunya adalah Jimmy yang kita kenal bermain lebih nge-Blues akhirnya memberanikan diri bermain di KJK dengan berkoloborasi bersama IDE, dan memainkan FUSION dengan sentuhan Blues yang Asyik, Kemudian juga ada MEP dan PCM group nya Mario dan kawan2 yang juga baru pertama kali tampil di KJK, setelah 1 tahun mempelajari Jazz akhirnya Mario juga memberanikan diri Tampil didampingi Adit dan Wisnu dari LAW dengan format 2 gitar (Mario dan Adit) serta Wisnu pada Cajon, PCM sangat soulfull membawakan lagu Swing, dan Mario tampil bermain gitar sambil bernyanyi.

Acara berjalan tertib dan lancar, Alhamdulillah selalu sesuai dengan harapan. Dan makin terasa bahwa kjk dan Freedom Jazz ini memang adalah tempat yang sangat baik sebagai tempat Belajar dan Apresiasi.

Terima kasih untuk Freedom Jazz yang telah mendukung dan memberikan tempatnya yang sangat nge-Jazz ini, serta Bowo sound sytem yang makin nge JAZZ Soundnya.

Sampai berjumpa di Pertemuan KJK ke 112

Salam Jazz,
Beben Jazz

Foto Dokumentasi Kegiatan
Author: Wahyu
Print PDF

Dengarkan

Freedom Audio

Kumpulan rekaman
audio dan diskusi Freedom Institute

BUKA PODCAST FREEDOM >>

Freedom Institute

Surat Berkala

Terima undangan dan berita terbaru Freedom Institute  

DAFTAR SURAT BERKALA >>

Baca

Buku Freedom

Temukan koleksi buku terbaru perpustakaan Freedom Institute

Cari disini >>

2012 FREEDOM INSTITUTE. All rights reserved.

Google+