Oct 13

SIARAN PERSEconomic Freedom Network Asia Serukan Pembebasan Pergerakan dan Perlindungan bagi Pekerja Migran Domestik dan Internasional

efn_logo

Konferensi internasional tahunan Economic Freedom Network Asia (www.efnasia.org) telah menyerukan pembebasan pergerakan dan perlindungan hak dasar bagi pekerja migran domestik dan internasional.

Di dalam resolusi yang diadopsi oleh lebih dari 150 peserta konferensi bertajuk “Migrasi dan Kesejahteraan Bangsa-Bangsa”, 6-8 Oktober 2010 di Jakarta, itu EFN Asia juga menyerukan agar pemerintahan di Asia menjunjung tinggi kebebasan warga Negara untuk bergerak mencari kesejahteraan bagi diri dan keluarga mereka.

“Perpindahan penduduk adalah fakta yang tak bisa diingkari. Di dunia yang terintegrasi secara global seperti saat ini, yang ditandai oleh hubungan dagang dan komunikasi lintas batas, imigrasi jadi kian penting,” demikian resolusi itu dibuka.

“Para migran membawa pengaruh positif pada pertumbuhan ekonomi dan keanekaragaman budaya. Migrasi mengarah pada penciptaan kemakmuran – bagi orang per orang, negara tujuan dan negara kampung halaman. Namun demikian, ada persepsi yang keliru bahwa hanya perpindahan penduduk keluar yang membawa manfaat bagi negara kampung halaman, sementara pergerakan penduduk masuk ke satu negara membawa beban yang merugikan,” lanjut jaringan yang telah bekerja sama dengan jaringan Economic Freedom of the World Report (www.freetheworld.com) sejak tahun 1998 ini.

”Para migran juga terancam oleh berbagai kemungkinan buruk. Mereka yang miskin dan berketrampilan rendah secara khusus sangat rentan dieksploitasi,” seru resolusi EFN Asia.

Resolusi ditutup dengan penyataan, ” Kami percaya bahwa semua rekomendasi ini harus diterima secara universal oleh semua negara. Hak-hak migran harus dilindungi dan kedaulatan hukum harus dtegakkan tanpa diskriminasi. Akhirnya harus ada mekanisme pendukung bagi pemangku kepentingan publik dan privat untuk membantu melancarkan perpindahan penduduk (migrasi).”

Berikut ini adalah naskah lengkap resolusi itu, dalam dua bahasa, Inggeris dan Indonesia, yang dibacakan pada malam 8 Oktober 2010, di Gedung Serbaguna Freedom Institute, Jalan Proklamasi 41, Jakarta.

Unduh Resolusi Konferensi EFN .doc

EFN Converence Resolution Download .doc

Author: Wahyu
Print PDF

Dengarkan

Freedom Audio

Kumpulan rekaman
audio dan diskusi Freedom Institute

BUKA PODCAST FREEDOM >>

Freedom Institute

Surat Berkala

Terima undangan dan berita terbaru Freedom Institute  

DAFTAR SURAT BERKALA >>

Baca

Buku Freedom

Temukan koleksi buku terbaru perpustakaan Freedom Institute

Cari disini >>

©2012 FREEDOM INSTITUTE. All rights reserved.