Diskusi “Semesta Matematika”
Mar 20

20150325-dis-semesta-matematika

Bahwa hampir semua ilmu pengetahuan selalu menggunakan matematika sebagai alat untuk memahami fenomena di bidang tersebut, itu sudah biasa. Mungkin saja kita tak suka dengan matematika, tetapi faktanya bahwa matematika sangat efektif sebagai pisau bedah, kaca pembesar, bahkan bak bola kristal guna membuat perkiraan masa depan. Tentu tak sempurna dan tetap mengandung galat, tetapi tak ada yang menyaingi matematika sampai sekarang. Itu faktanya. Ini menjadi perhatian banyak filsuf dan ilmuwan. Sampai di tahun 1960, Eugene Wigner berkata: “Kebergunaan luar biasa dari matematika pada IPA itu sesuatu di perbatasan antara misterius dan … tak ada penjelasan yang masuk akal mengapa demikian.”

Kalimat bernada ketakjuban ini salah satunya yang membuat matematikawan-cum-fisikawan Max Tegmark berkelana dengan pernalarannya, sampai pada pendapat yang mencengangkan. Semesta dengan fenomenanya ini, menurut dia, bukan saja dapat dijelaskan dengan matematika, tetapi justru semesta itu memang sebuah struktur matematika. Tak aneh makanya matematika sangat efektif untuk mengungkapkan fenomena di semesta.

Tidak cukup di situ, Max Tegmark berpendapat berpendapat bahwa bukan saja semesta ini mengandung matematika, tetapi esensi semesta ini memang hanya struktur matematika. Tak ada lainnya.

Untuk mendalami lebih jauh beberapa aspek matematika, matematikawan, dan semesta satematika, Klub Sains Freedom Institute akan mengadakan diskusi “Semesta Matematika” pada:

Hari/tanggal       : Rabu, 25 Maret 2015

Jam                        : 16.00 – 18.00 Nobar “Ramanujan” (Gnana Rajasekaran, 2014)

                                19.00 – 21.00 Diskusi

Pembicara           : 1. Prof. Iwan Pranoto (Matematikawan, ITB)

                                2. Prof. Hendra Gunawan (Matematikawan, ITB)

Moderator          : Nirwan Ahmad Arsuka (Pemerhati sains dan kebudayaan)

Acara nobar dan diskusi ini terbuka untuk umum dan tak memungut bayaran. Untuk memperlancar dan memeriahkan acara, kami menyediakan santapan ringan di waktu jeda antara nonton bareng dan diskusi terbuka.

Kehadiran rekan-rekan kami nantikan.

Freedom Institute

Author: yubud
Print PDF

Dengarkan

Freedom Audio

Kumpulan rekaman
audio dan diskusi Freedom Institute

BUKA PODCAST FREEDOM >>

Freedom Institute

Surat Berkala

Terima undangan dan berita terbaru Freedom Institute  

DAFTAR SURAT BERKALA >>

Baca

Buku Freedom

Temukan koleksi buku terbaru perpustakaan Freedom Institute

Cari disini >>

©2012 FREEDOM INSTITUTE. All rights reserved.

Google+